SurveyCenter Logo
Survey Center Indonesia
Home About
Harga Blog Contact Us
Login Daftar

Survei Segmentasi Dan Positioning

Ketika sebuah produk / jasa diciptakan, tentunya perusahaan telah menetapkan beberapa hal berikut :

Kemana produk / jasa dipasarkan (segmentasi)
Keunggulan produk/ jasa dibandingkan pesaingnya (positioning)
Namun, dengan berjalannya waktu, dengan bertumbuhnya produk/ jasa sejenis, dengan variasi strategi komunikasi yang ada menyebabkan adanya perubahan / pergeseran segmen serta positioning produk/ jasa. Perusahaan perlu mengetahui informasi tersebut dan menyikapi adanya perubahan ini, dengan melakukan perubahan juga pada :

Strategi pemasaran
Strategi komunikasi
Informasi adanya perubahan segmen dan posisi pasar (positioning), dapat dilakukan dengan melakukan survei pemasaran, yakni : survei segmentasi dan posisi persaingan pasar.

Rangkaian informasi yang dapat diperoleh dari survei ini adalah :

Segmentasi pasar berdasarkan : preferensi, kebutuhan, habit, demografi
Posisi persaingan pasar untuk produk/ jasa sejenis beserta keunggulan kompetitif yang dicari oleh market secara umum dan spesifik ke beberapa segmen
Re-targeting, yaitu identifikasi potensial market baru
Sumber informasi konsumen (pasar)
Survei segmentasi dan posisi pasar, dilakukan secara periodik (sesuai dengan kebutuhan, perilaku pasar/ karakteristik produk/ jasa) dengan mengambil sejumlah sampel responden yang dapat mewakili pendapat konsumen. Survei ini sebaiknya dilakukan melalui : Wawancara langsung (tatap muka) sesuai kuesioner