Study Kelayakan Bisnis
Ketika akan membuka sebuah bisnis, diperlukan perhitungan yang matang untuk menghindari permasalahan yang mungkin muncul, apalagi kerugian.
Jika sebuah bisnis, berkaitan dengan lokasi maka beberapa informasi yang diperlukan apakah bisnis tersebut layak didirikan adalah :
Tingkat penerimaan/ respon target pasar di sekitaran lokasi dibukannya bisnis tersebut
Tingkat minat dan kebutuhan target pasar (di lokasi setempat dan lokasi-lokasi lain yang sekiranya terjangkau) terkait keberadaan bisnis tersebut
Pengaruh adanya kompetitor langsung dan competitor tidak langsung
Sarana transportasi apa saja yang memungkinkan bagi target pasar untuk menjangkau lokasi tersebut
Media komunikasi yang berpengaruh dalam meningkatkan awareness bisnis ini
Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk/ jasa di lokasi tersebut
Peluang seseorang akan melakukan transaksi terhadap produk/ jasa di lokasi tersebut
Sedangkan jika sebuah bisnis berkaitan dengan penjualan barang (bukan jasa, dan tidak berkaitan dengan keberadaan lokasi), maka beberapa informasi yang diperlukan adalah :
Tingkat minat dan kebutuhan target pasar terhadap produk
Pengaruh adanya kompetitor langsung dan competitor tidak langsung
Media komunikasi yang berpengaruh dalam meningkatkan awareness bisnis ini
Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk
Peluang seseorang akan melakukan transaksi pembelian produk
Studi kelayakan dilakukan melalui beberapa kombinasi, yaitu :
Survei pasar (dengan kombinasi : face to face interview dan indeepth interview)
Observasi pasar
Analisa data sekunder
Jika sebuah bisnis, berkaitan dengan lokasi maka beberapa informasi yang diperlukan apakah bisnis tersebut layak didirikan adalah :
Tingkat penerimaan/ respon target pasar di sekitaran lokasi dibukannya bisnis tersebut
Tingkat minat dan kebutuhan target pasar (di lokasi setempat dan lokasi-lokasi lain yang sekiranya terjangkau) terkait keberadaan bisnis tersebut
Pengaruh adanya kompetitor langsung dan competitor tidak langsung
Sarana transportasi apa saja yang memungkinkan bagi target pasar untuk menjangkau lokasi tersebut
Media komunikasi yang berpengaruh dalam meningkatkan awareness bisnis ini
Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk/ jasa di lokasi tersebut
Peluang seseorang akan melakukan transaksi terhadap produk/ jasa di lokasi tersebut
Sedangkan jika sebuah bisnis berkaitan dengan penjualan barang (bukan jasa, dan tidak berkaitan dengan keberadaan lokasi), maka beberapa informasi yang diperlukan adalah :
Tingkat minat dan kebutuhan target pasar terhadap produk
Pengaruh adanya kompetitor langsung dan competitor tidak langsung
Media komunikasi yang berpengaruh dalam meningkatkan awareness bisnis ini
Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk
Peluang seseorang akan melakukan transaksi pembelian produk
Studi kelayakan dilakukan melalui beberapa kombinasi, yaitu :
Survei pasar (dengan kombinasi : face to face interview dan indeepth interview)
Observasi pasar
Analisa data sekunder