Survei Potensi Pasar
Survei Potensi pasar merupakan salah satu bagian dari riset yang dilakukan untuk menggali seberapa potensial sebuah wilayah atau sebuah produk untuk dipasarkan sesuai dengan segmen yang ditargetkan. Survei ini hamper mirip dengan studi kelayakan.
Jika yang dilakukan adalah survei potensi pasar yang berkaitan dengan wilayah maka beberapa informasi yang digali adalah:
Estimasi daya beli wilayah
Estimasi tingkat minat dan kebutuhan target pasar
Pengaruh adanya kompetitor langsung dan kompetitor tidak langsung di wilayah tersebut
Media komunikasi target pasar
Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk/ jasa di sebuah wilayah
Peluang seseorang akan melakukan transaksi terhadap produk/ jasa di suatu wilayah
Sedangkan jika yang dilakukan adalah survei potensi pasar yang berkaitan dengan potensi penjualan sebuah produk barang (bukan jasa, dan tidak berkaitan dengan keberadaan lokasi), maka beberapa informasi yang digali adalah :
Tingkat minat dan kebutuhan target pasar terhadap produk
Pengaruh adanya kompetitor langsung dan competitor tidak langsung
Media komunikasi yang berpengaruh dalam meningkatkan awareness bisnis ini
Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk
Peluang seseorang akan melakukan transaksi pembelian produk
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, survei potensi pasar dilakukan dengan face to face interview dilengkapi dengan observasi pasar dan analisa data sekunder
Jika yang dilakukan adalah survei potensi pasar yang berkaitan dengan wilayah maka beberapa informasi yang digali adalah:
Estimasi daya beli wilayah
Estimasi tingkat minat dan kebutuhan target pasar
Pengaruh adanya kompetitor langsung dan kompetitor tidak langsung di wilayah tersebut
Media komunikasi target pasar
Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk/ jasa di sebuah wilayah
Peluang seseorang akan melakukan transaksi terhadap produk/ jasa di suatu wilayah
Sedangkan jika yang dilakukan adalah survei potensi pasar yang berkaitan dengan potensi penjualan sebuah produk barang (bukan jasa, dan tidak berkaitan dengan keberadaan lokasi), maka beberapa informasi yang digali adalah :
Tingkat minat dan kebutuhan target pasar terhadap produk
Pengaruh adanya kompetitor langsung dan competitor tidak langsung
Media komunikasi yang berpengaruh dalam meningkatkan awareness bisnis ini
Faktor-faktor yang mempengaruhi target pasar dalam menentukan membeli produk
Peluang seseorang akan melakukan transaksi pembelian produk
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, survei potensi pasar dilakukan dengan face to face interview dilengkapi dengan observasi pasar dan analisa data sekunder